Friday , 22 September 2017
iden
Home » berita » Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN)

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN)

Pada tanggal 30 Mei 2015 bertempat di halaman kantor Walikota Depok, Centre for Ageing Studies (CAS) Universitas Indonesia bekerjasama dengan Komda Lansia Kota Depok, BKKBN, Universitas Respati Indonesia (Urindo), Pergeri Depok, serta berbagai lembaga peduli Lansia yang ada di kota Depok telah menyelenggarakan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) dengan tema  “Membangun Kepedulian dan Kebersamaan Bersama Lanjut Usia Tangguh untuk Mewujudkan Kota Ramah Semua Usia”.

 

Tujuan penyelenggaraan peringatan HLUN adalah sebagai ajang silaturahim antar lansia/pra lansia;  sebagai penghormatan dan penghargaan terhadap lansia; sebagai sarana menambah pengetahuan dan wawasan dalam rangka pencegahan penyakit pada lansia; sebagai upaya mewujudkan Lansia Tangguh melaui Bina Keluarga Lansia; dan sebagai salah satu upaya mensosialisasikan dimensi lingkungan untuk mendukung terwujudnya Kota Ramah Lansia.

 

Dengan latar belakang Indonesia yang saat ini mengalami fenomena triple burden, yang ditunjukkan  dari sensus penduduk tahun 2010, bahwa jumlah balita dan anak (0-9 tahun) sebanyak 45,9 juta; remaja (10-24 tahun) sebanyak 64 juta jiwa, serta lanjut usia (60 tahun keatas) sebanyak 23,9 juta atau jiwa sekitar 10% dari seluruh penduduk.  Kondisi tersebut memerlukan perhatian khusus dalam upaya peningkatan kualitas penduduk. Dalam hal ini BKKBN telah menindak lanjuti dengan kebijakan  pembangunan keluarga melalui ketahanan keluarga  berupa Bina Keluarga Balita (BKB), bina keluarga remaja (BKR) dan bina keluarga lanjut usia (BKL).

Disamping itu, kepada generasi muda dapat ditunjukkan bahwa menjadi lanjut usia bisa menjadi tangguh dengan tetap sehat dan aktif baik secara fisik, mental maupun sosial. Oleh karena itu dalam rangkaian kegiatan peringatan HLUN tahun 2015 ini mengetengahkan berbagai kegiatan antar generasi dalam bentuk  lomba senam, lomba paduan suara, lomba makanan sehat, lomba rumah sehat lansia, UEP Lansia, kerajinan tangan dari bahan limbah (UPPKS), serta dalam kaitan Kota Ramah Lansia, kota Depok mengemasnya dalam dimensi lingkungan, dengan mencoba membuat taman-taman/ruang terbuka hijau, antara lain taman lembah gurame, di Beji, Depok, dan gerakan menanam sejuta pohon.

 

Rangkaian kegiatan dalam rangka HLUN adalah sebagai berikut:

  1. Road Show Curhat Lansia berupa pelaksanaan kegiatan “Curhat Lansia” yang biasanya dilakukan di sekretariat CAS UI, pada tahun ini kami akan jemput bola turun ke lokasi di 5 titik Kecamatan di Depok, guna mensosialisaikan program Bina Keluarga Lansia (BKL) dan Lansia Tangguh, serta sosialisasi Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) yang akan segera diresmikan di CAS UI
  2. Seminar:
  3. Untuk umum: menjadi lansia tangguh
  4. Untuk lingkungan Universitas: Hasil riset untuk kebijakan dan program
  5. Pelaksanaan HLUN tanggal 30 Mei 2015 diisi dengan:
  6. Peresmian penyeberangan jalan untuk lansia, perempuan hamil, dan penyandang disabilitas di depan kantor Walikota Depok
  7. Deklarasi Kota Ramah Semua Usia oleh Walikota Depok
  8. Launching terbentuknya Alzheimer Indonesia cabang Depok : “Alzhi Depok”

 

About ri9ap

Check Also

Raker Pusat Kajian Kelanjutusiaan (Centre for Ageing Studies) Universitas Indonesia

Pada tanggal 6 Maret 2015 bertempat di Wisma Makara UI Kampus UI Depok, Centre for …