Friday , 22 September 2017
iden
Home » info » Kunjungan Kerja ke Sulawesi Tengah dan Yogyakarta bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)

Kunjungan Kerja ke Sulawesi Tengah dan Yogyakarta bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)

Pada tanggal 24-25 Januari 2015, Centre for Ageing Studies (CAS) Universitas Indonesia mendapat kehormatan untuk melakukan kunjungan kerja ke Palu, Central Sulawesi bersama rombongan BKKBN Pusat. Pada kunjungan kerja ini Prof. Fasli Jalal (Kepala BKKBN) dan Prof. Tri Budi W. Rahardjo (Kepala CAS UI) menghadiri wisuda sarjana di Universitas Al-Khairat Palu, kemudian memberikan kuliah umum di IAIN Palu tentang “Bonus Demografi: Peluang untuk generasi emas“.

Kunjungan kerja dilanjutkan ke Yayasan Al-Kautsar Palu yang sedang merayakan ulang tahun ke 12. Perayaan ulang tahun yayasan ini dimeriahkan dengan aneka lomba antar generasi (generasi muda dan lanjut usia sehat dan aktif) bergabung bersama dalam seluruh kegiatan lomba. Pada kesempatan ini Ibu Elizabeth Kuji (Direktur Lansia) dan Dr. Sudibyo Alimoeso (Deputi KSPK), Prof. Tri Budi W. Rahardjo (Kepala CAS UI)  berkesempatan menjadi juri pada malam final aneka lomba antar generasi.

Pada tanggal 5-6 Februari 2015, CAS UI kembali mendapat kesempatan untuk melakukan kunjungan kerja bersama BKKBN Pusat ke Sleman dan Kulon Progro Yogyakarta untuk melihat secara langsung kegiatan “Bina Keluarga Lansia/BKL” yang menjadi salah satu program andalan BKKBN sebagai wujud “Age Friendly Community pada tingkat Kabupaten untuk mewujudkan lanjut usia tangguh. Kegiatan BKL di Sleman dan Kulon Progro dilakukan antar generasi dengan menerapkan pola siklus hidup.

Kunjungan kerja dilanjutkan dengan siaran langsung di TVRI Yogyakarta mengangkat tema “Yogyakarta Kota Ramah Lanjut Usia”, siaran langsung ini diiringi oleh group musik cantik dari anak-anak muda Yogyakarta yang peduli pada masalah kontrasepsi, nafza, bina keluarga lanjut usia untuk menuju pola keluarga kecil sehat dan bahagia. Kunjungan kerja di Yogyakarta diakhiri dengan kuliah umum di Universitas Respati Yogyakarta. Kuliah umum mengambil tema “Bonus Demografi: Peluang pada Masyarakat Ekonomi Asean” disampaikan oleh Prof. Fasli Jalal selaku kepala BKKBN dengan moderator Prof. Tri Budi W. Rahardjo selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta.

About ri9ap

Check Also

Standar Sertifikat Perawatan jangka panjang antara Jepang dan Indonesia

Diskusi dan Pembelajaran antara Indonesia dan Jepang : Standar Sertifikat Perawatan jangka panjang antara Jepang …